Rabu, 22 Juni 2022

TIPS MENGCOPY DAN MERUBAH NAMA SHEET

        Pada saat kita bekerja dengan Exel dan kita ingin membuat tabel yang sama persis bentuk dan ukurannya, caranya adalah bukan dengan menyeleksi atau memblok tabel tersebut kemudian di-copy paste ke sheet kosong atau ke bagian bawah tabel yang dicopy. Cara seperti itu akan menghasilkan bentuk dan ukuran tabel yang berbeda, bahkan mungkin data dan angka bisa berubah.

        Mengcopy atau menduplikat tabel biasanya dilakukan jika kita menginginkan bentuk tabelnya sama walau datanya sedikit berbeda. Misalnya saja dalam membuat laporan keuangan bualanan, mingguan atau harian. Dengan menduplikat sheet atau lembar kerjanya maka pekerjaan akan lebih cepat, karena yang kita edit hanya datanya tanpa mengubah bentuk dan ukuran tabel.

 

A. Cara mengcopy atau menduplikat sheet ke sheet lainnya pada workbook yang sama adalah sebagai berikut:

>Cara cepat mengcopy sheet

ΓΌ  Tekan dan tahan tombol CTRL pada keyboard kemudian drag dengan mouse sheet yang akan dicopy

>Cara normal mengkopy sheet

v  Klik kanan pada sheet yang akan dicopy

 


v  Pada kotak dialog yang muncul klik pilih dan klik pada Move or Copy...

v  Muncul lagi jendela dialog  Move or Copy

 


v  Beri tanda ceklis pada kotak kecil di samping kiri Create a copy

v  Pada bagian Before Sheet, silakan pilih mau ditempatkan sebelum sheet yang mana hasil copy sheet tersebut

v  Klik tombol OK

 

>Cara Mengcopy Sheet ke File Workbook Baru

v  Klik kanan pada sheet yang akan dicopy

v  Pada kotak dialog yang muncul klik pilih dan klik pada Move or Copy...

v  Muncul lagi jendela dialog  Move or Copy

v  Beri tanda ceklis pada kotak kecil di samping kiri Create a copy

v  Pada bagian Move selcted sheets To book: Klik tanda panah ke bawah yang ada di samping kotak teks area nama file

v  Silakan anda pilih, jika mau dicopy ke file baru, pilih (new book), jika mau di-copy ke file lain, pilih nama file yang dituju

v  Klik tombol OK

 

B. Cara Merubah Nama Sheet

Dalam sebuah file workbook Excel terdiri dari banyak Sheet. Jumlah sheet dalam sebuah workbook bisa mencapai 255 sheet (lembar kerja), namun jumlah ini sangat tergantung pada memory yang tersedia di komputer yang kita gunakan. Secara default setiap sheet diberi nama Sheet1, Sheet2, Sheet3, dan seterusnya.

Pada Excel 2016 dan 2013 jumlah sheet defaultnya yang ditampilkan hanya satu, dan pada Excel 2010 dan versi sebelumnya jumlah sheet yang ditampilkan tiga sheet. Cara untuk menambah sheet baru pada workbook dengan cara klik ikon + yang ada di sebelah kanan sheet tersebut.

Jika anda memiliki banyak sheet dalam sebuah file workbook, untuk memudahkan pencarian file data sheet sebaiknya ganti nama sheet tersebut sesuai dengan isi data yang ada di dalamnya. Misalnya saja nama file workbooknya Laporan BOS_SDN Beseran_2022, maka nama sheetnya bisa diganti sesuai dengan kebutuhan, misalnya saja Sheet1 diganti menjadi Januari, Sheet2 menjadi Februari, Sheet3 menjadi Maret dan seterusnya.

Langkah-Langkah Mengganti nama sheet lembar kerja adalah sebagai berikut:

v  Klik kanan pada sheet yang akan diganti namanya

v  Pada kotak dialog yang muncul, klik pada Rename

v  Atau double klik pada sheet yang mau diganti namanya

v  Setelah nama Sheet terblok, ketikan nama sheet yang diinginkan

v  Tekan tombol enter

 


 

ADAPTASI DENGAN APLIKASI

           Di era teknologi, tak dapat dipungkiri semua sektor butuh aplikasi, tak terkecuali sektor pendidikan. Dalam dunia perdagangan (ju...