Minggu, 04 Februari 2024

Langkah-Langkah dan Faktor Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Pelaksanaan Observasi Kelas

 

Setelah tahapan penyusunan RHK di PMM pada bulan Januari sudah selesai dan telah disepakati oleh kepala sekolah, maka tahapan selanjutnya di bulan Pebruari adalah melakukan proses diskusi sebagai bahan persiapan pelaksanaan observasi kelas di bulan Maret 2024. Observasi kelas oleh kepala sekolah adalah merupakan salah satu bentuk evaluasi kinerja guru dan proses pembelajaran di sekolah. Observasi kelas biasanya dilakukan oleh kepala sekolah/pengawas sekolah untuk memastikan bahwa pembelajaran berlangsung efektif dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Langkah-langkah dan faktor yang perlu diperhatikan dalam penilaian observasi kelas oleh kepala sekolah yaitu:

  • Perencanaan Pembelajaran

Kepala sekolah akan menilai perencanaan pembelajaran yang telah disiapkan oleh guru sebelum pelaksanaan pembelajaran. Hal ini mencakup rencana pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan metode yang akan digunakan.

  • Pengelolaan Kelas

Kepala sekolah akan memeriksa keteraturan dan kedisiplinan dalam kelas. Bagaimana guru mengelola waktu, ruang, dan interaksi antar siswa.

  • Penggunaan Materi Ajar

Kepala Sekolah mengevaluasi terhadap materi ajar yang digunakan oleh guru, apakah sudah sesuai dengan kurikulum dan dapat memfasilitasi pemahaman siswa atau belum.

  • Keterlibatan Siswa

Kepala sekolah menilai apakah suasana kelas mendukung partisipasi aktif dan pemahaman siswa, serta sejauh mana siswa terlibat dalam pembelajaran.

  • Metode Pembelajaran

Penilaian terhadap metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, termasuk apakah ada variasi dalam pengajaran dan bagaimana guru memotivasi siswa.

  • Evaluasi dan Umpan Balik

Menilai bagaimana guru memberikan umpan balik kepada siswa, dan sejauh mana guru mengukur pemahaman siswa, serta apakah ada tindak lanjut yang efektif.

  • Adaptasi terhadap Kebutuhan Siswa

Kepala sekolah akan melihat sejauh mana guru dapat menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman siswa yang beragam.

  • Etika dan Profesionalisme

Penilaian terhadap etika dan profesionalisme guru dalam berinteraksi dengan siswa, orang tua, dan staf sekolah lainnya.

  • Penggunaan Teknologi

Jika diperlukan, kepala sekolah dapat mengevaluasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran, dan sejauh mana hal tersebut mendukung tujuan pembelajaran.

  • Kemampuan Mengelola Konflik

Bagaimana guru menangani konflik dalam kelas atau antara siswa.

Pasca observasi kelas, kepala sekolah biasanya memberikan umpan balik kepada guru dan dapat merencanakan tindakan perbaikan atau pengembangan lebih lanjut. Hal ini penting dilakukan sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan peningkatan bagi guru dan siswa. (Makruf S Marmah)

ADAPTASI DENGAN APLIKASI

           Di era teknologi, tak dapat dipungkiri semua sektor butuh aplikasi, tak terkecuali sektor pendidikan. Dalam dunia perdagangan (ju...